Perbedaan Hadiah Fatihah Untuk Seluruh Umat Islam Dengan Sendiri-Sendiri

Pertanyaan:
Orang hadiah surat al-Fatihah dengan satu kali bacaan kepada ahli qubur, apakah ahli qubur bisa mendapatkan pahala satu kali bacaan sempurna atau dibagi?
Jawaban:
Ahli qubur bisa mendapatkan pahala satu kali bacaan surat al-Fatihah dengan sempurna. Akan tetapi bila si pembaca mengkhususkan, maka pahalanya akan berlainan, dalam arti ahli qubur yang dikhususkan akan lebih tinggi pahalanya dari pada yang diumumkan.
Pengambilan ibarat:
·         Bughyatul Mustarsyidin, hal. 97 & 196
وفى بغية المسترشدين، ص 97، مانصه:
(فائدة) رجل مر بمقبرة فقرأ الفاتحة واهدى ثوابها لأهلها فهل يقسم أو يصل لكل منهم مثل ثوابها كاملا. أجاب ابن حجر بقوله أفتى جمع بالثانى وهو اللائق بسعة رحمة الله تعالى. اهـ
(Faedah) Laki-laki lewat dengan maqbarah lalu membaca Fatihah dan memberi hadiah pahalanya maka apakah pahala tersebut dibagi atau hasil bagi masing-masing dari mereka sebagaimana pahala yang sempurna, Ibnu Hajar menjawab : Kebanyakan ulama memberi fatwa dengan pilihan kedua(hasil sempurna bagi seluruh mayit) dan hal ini sesuai dengan keluasan rahmat Allah Swt.
وفيه أيضا، ص 196، مانصه:
ولا يظهر فى هذا المقام فرق بين الواو وثم فيما إذا قال إلى روح فلان ثم فلان أو قال إلى فلان خاصة ثم إلى المسلمين عامة كما مال إليه فى التحفة والنهاية لكن يتفاوت الثواب فاعلاه ماخصه وأدناه ما عمه. اهـ

Dan tidak jelas dalam maqam ini antara menggunakan lafadz "و" dan "ثم" ketika ia berkata “إلى روح فلان ثم فلان artinya saya hadiahkan kepada ruh fulan kemudian fulan” atau “إلى فلان خاصة ثم إلى المسلمين عامة artinya saya hadiahkan kepada fulan secara khusus kemudian kepada seluruh umat islam secara umum” sebagaimana kecondongan ibnu hajar dalam kitab tuhfah dan nihayah tetapi ada perbedaan tingkatan pahala : maka pahala yang lebih tinggi bagi orang yang dikhusukan dan yang lebih rendah bagi orang yang umum. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment